Selasa, 04 September 2012

FASHION ILLUSTRATION

Melihat perkembangan fashion, kita mau sedikit membahas soal fashion illustration nih. Ada yang tahu apa itu? Kalau kalian sering liat-liat sampul majalah atau iklan di majalah-majalah mode pasti tahu... yuk kita bahas..

Ilustrasi Fashion adalah komunikasi fashion yang berbentuk ilustrasi, gambar dan lukisan. Hal ini biasanya dibuat untuk majalah fashion sebagai salah satu bagian dari fitur editorial atau untuk iklan dan mempromosikan para pembuat fashion, butik fashion dan department store.
Ilustrasi Fashion telah ada sekitar hampir 500 tahun. Sejak pakaian telah ada dan ada kebutuhan untuk menerjemahkan ide atau gambar menjadi pakaian. Ilustrasi fashion berkembang dengan adanya gerakan Art Nouveau. Ilustrasi fashion bukan hanya sebagai desain pakaian, tetapi juga menjabat sebagai bentuk seni. 

Beberapa tokoh ilustrasi fashion:

Gustav Klimt adalah seorang pelukis dari Wina yang karyanya berupa mural, sketsa, dan subjek utamanya wanita. Kecintaannya pada mode diungkapkan dalan karya lukis foto dengan model pakaian floge. Ini dia salah satu karyanya


Alphonse Maria Mucha adalah seorang pelukis dari Ceko yang terkenal dengan gambar-gambar perempuan.


Erte adalah salah satu fashion desainer yang bergaya elegan dan glamor. Salah satu karyanya yang terkenal adalah Symphony in Black yang menggambarkan wanita cantik bertubuh langsing terbungkus gaun hitam tipis memegang tali anjing hitam. 


Dana Charles Gibson adalah desainer grafis asal Amerika  yang terkenal dengan karyanya Girl Gibson. 




Joe Eula adalah ilustator yang menggambarkan gaya liar mode dari Dior’s New Look.


Carl Erickson adalah ilustrator mode dan seniman terkemuka iklan. Dia bekerja di majalah Vogue dan kosmetik Coty dan biasanya dia menandatangani karyanya dengan inisial Eric.


Sebenermnya, masih banyak lagi para ilustrator mode yang belum dibahas. Tapi kalu dibahas pasti panjang hehehe...

Pada tahun 1970an dunia ilustrasi mode dibayang-bayangi dengan fotografi dan cat air sebagai media konseptual nyaris tak dieksplorasi. Dan sekarang, ilustrasi semakin berkembang dengan penggunaan software pembantu seperti adobe illustrator, photoshop, corel draw dan CAD. Tetapi, Ilustrasi manual yang dibuat dengan tangan tetap memiliki nilai yang tinggi.






Sumber : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar