Selasa, 25 September 2012

MURAL

Pernahkan kalian liat lukisan pada dinding? Apabila kalian lihat disepanjang jalan siliwangi ITB kalian bisa melihat lukisan dinding disepanjang jalannya. Beberapa lukisan dindingpun ada di beberapa tempat seperti cafe, mall atau tempat wisata.

Mural itulah namanya,  yaitu cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya.

Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar.

Mural ada dari zaman dahulu kala dimana orang-orang primitif menggambar pada dinding gua. Di Mesirpun mural bisa kita lihat pada dinding makam raja-raja Mesir.

Berikut ini beberapa mural yang ada disekitar jalan Siliwangi Bandung..




Di Yogyakarta ada sebuah komunitas yang menamakan dirinya JMF (Jogja Mural Forum) yang merupakan komunitas yang terdiri dari para pemerhati , seniman maupun para anak muda yang tertarik dengan seni mural. Visi dari Jogja Mural Forum adalah menjadikan seni mural sebagai sarana pendidikan seni kepada publik kota.

Sekarang kita lihat yuk beberapa karya mural dari beberapa seniman mural di luar.




 3D Wall Mural By Eric Allan Grohe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar