Selasa, 11 September 2012

Pop Art History and Artist

Art review kali ini kita mau bahas soal pop art. Pasti diantara kalian semua sudah tidak asing lagi dengan kata pop art, andy warhol dan karya-karyanya. Melihat kaleng campbel, lukisan marilyn monroe, Velvet Underground album cover yang begambar pisang dan warna-warna dari karya-karya pop art yang berani. Ya semua itu pop art..
Pop Art adalah gerakan seni yang muncul pada pertengahan 1950-an di Inggris dan di akhir 1950-an di Amerika Serikat. Pop art yang berasal dari kata popular art merupakan sebuah aliran seni yang memanfaatkan simbol-simbol dan gaya visual yang berasal dari media massa yang populer seperti koran, majalah, iklan, televisi, komik. Karya-karya seperti ini biasanya diproduksi untuk cover-cover album atau poster pertunjukan musik, meski kemudian berkembang untuk poster-poster sosial sampai poster komersil.

Beberapa tokoh pop art:

Eduardo Luigi Paolozzi lahir 7 Maret 1924, di Leith di utara Edinburgh, Skotlandia.


Roy Lichtenstein, seorang seniman pop terkemuka Amerika. Beberapa karyanya menampilkan comic strip.


Richard Hamilton lahir di Pimlico, London. Seorang pelukis Inggris dan artis kolase.

Andy Warhol (6 Agustus 1928 - 22 Februari, 1987) adalah seorang seniman Amerika yang adalah seorang tokoh terkemuka dalam gerakan seni rupa yang dikenal sebagai seni pop. Karya-karyanya mengeksplorasi hubungan antara ekspresi seni, budaya selebriti dan iklan yang berkembang pada 1960-an. Karya seni Warhol berkisar dalam berbagai bentuk media yang mencakup gambar tangan, lukisan, seni grafis, fotografi, sablon, patung, film, dan musik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar